Cari Posting Lainnya

Minggu, 30 Juni 2013

Forgiving (and delicious) Banana Cake

Setiap kali ke pasar, saya selalu aja kalap kalau lihat sayuran atau buah segar yang harganya murah. Apalagi kalau item-nya langka, seperti pisang mas. Dulu pas masih kuliah, saya inget banget ada teman se-kost yang suka beli pisang mas 1 tandan! Hanya karena harganya murah dan dia pingin diet.. hehehehe.

Kemarin ini, saya berhasil dapat 1 tandan pisang mas yang sangat bagus kondisinya cuma dengan IDR 20.000. Mestinya sih mungkin lebih murah lagi ya (tahun lalu pernah beli di Puncak cuma IDR 10.000!), tapi karena saking senengnya nemu pisang ini, saya nggak banyak nawar. Kasihan juga akang penjualnya kalo kebanyakan ditawar.

Sengaja beli 1 tandan, pokoknya kalau nggak habis dimakan, pisangnya mau dibikin kue. Atau biskuit. Atau Banana Bread. Atau milkshake. Hahahaha.. pokoknya banyak deh maunya. Soalnya pisang aromanya enak banget kalau dijadiin dessert.

Tambah enak dimakan bareng susu + Jico :D
Setelah browsing dan sibuk membandingkan resep sana-sini (seperti biasa), saya ketemu resep yang judulnya lucu banget : Forgiving Banana Cake. Maksudnya resepnya sangat toleran, bisa diubah sesuai selera dan kebutuhan, dan hasil kuenya nggak akan gagal. Wuihh, intimidating!

Setelah dicoba, hasilnya memuaskan! Teksturnya empuk, wangi pisang dan rhumnya berasa. Terus juga ada kejutan dari kismisnya, kalau kata orang Jepang ini "meccha kuccha oishii". Meskipun campur aduk, tapi somehow rasanya enak. Buat yang mau jajal, silakan intip resepnya ya. Jangan lupa pisangnya ditunggu sampai matang sekali, supaya wangi.

Forgiving Banana Cake
Resepnya diterjemahkan dari sini


Bahan :
100 gram mentega (atau margarine)
175 gram gula
¼ sdt garam
2 butir telur
1 lemon zest (parutan kulit lemon)
100 gram kismis (optional), rendam dengan rhum.
1 sdm rhum (optional)
400 gram pisang (yang sudah matang sekali), haluskan.
1 sdm air jeruk lemon
150 gram kacang (cincang kasar - optional)
300 gram tepung terigu
2 ½ sdt baking powder
4 sdm susu (optional)

Method :
1. Panaskan oven di suhu 175 derajat Celcius. Siapkan loyang, olesi mentega, beri alas kertas roti dan olesi mentega kembali (saya pakai loyang panjang ukuran 10x24 cm, bisa juga pakai loyang tulban).
2. Kocok mentega dan gula sampai lembut. Boleh langsung memakai mentega yang dingin dari kulkas, tapi telurnya harus yang suhu ruang.
3. Tambahkan telur, kocok sampai adonan menjadi ringan dan fluffy. Tambahkan parutan kulit lemon dan kismis, aduk rata.
4. Masukkan pisang dan air lemon, aduk rata. Jangan kuatir kalau adonannya tidak mulus. Tambahkan kacang (jika pakai).
5. Aduk rata tepung terigu dan baking powder, tambahkan ke dalam adonan dan aduk rata. Kalau adonannya terasa berat, tambahkan susu (atau rhum jika suka).
6. Panggang dalam oven selama 75 menit. *Hati-hati gosong ya, kemarin saya kecilkan suhu ovennya sampai 160 derajat dan waktu panggangnya hanya sekitar 45-60 menit.

Minggu, 09 Juni 2013

Serba Ubi Ungu, Kue Lumpur & Bola Ubi

Sebenarnya udah diniatin mau blogging rutin tiap bulan, tapi ternyata susah juga ya bagi waktunya. Saya bersyukur banget, belakangan Eggtart sudah mulai ada penggemar tetapnya. Meski sibuk, tapi puas dan senang :D

Tadinya saya nemu resep yang berbahan dasar ubi ungu karena iseng bereksperimen dengan cheese cake. Setelah selesai dengan cheese cake, ternyata ubi ungunya sisa lumayan banyak. Akhirnya browsing deh nyari resep, dan ujung-ujungnya pilihan tetep jatuh ke resep NCC.


Bola Ubi Ungu yang legit, di tengahnya disisipin gula merah.

Nah, tanpa berpanjang lebar, silakan diintip resepnya. Dua-duanya resep yang sangat simpel, tapi enak sekali dijadiin camilan sore-sore. Saya pribadi suka banget sama ubi ungu karena teksturnya lebih legit dan warnanya lebih cantik dibanding ubi merah atau putih.

Kue Lumpur Ubi Ungu
Resep aslinya dari NCC


Bahan : *Kalau cuma untuk dimakan berdua seperti saya, bikinnya 1/2 atau 1/4 resep aja ya.
500 gr gula pasir
500 gr tepung terigu
1 kg ubi ungu, kukus dan haluskan
200 gr margarine, lelehkan
5 btr kuning telur
4 btr putih telur
1 ltr santan
1 sdt vanilli
1 sdt garam
200 gr kismis, untuk taburan


Method :
1. Kocok gula dan telur sampai putih dan mengembang (tidak perlu sampai naik), masukkan garam dan vanilli sambil terus dikocok.
2. Tuangi santan, aduk rata. Masukkan ubi ungu dan tepung terigu secara bertahap sambil tetap diaduk rata.
3. Terakhir, tuang mentega leleh dan aduk rata.
4. Panaskan cetakan kue lumpur, poles mentega. Tuangi adonan hingga ¾ penuh, tutup dan biarkan sampai setengah matang. *Apinya harus yang keciiil se
kali, supaya matangnya bagus. Kalau nggak, nanti dasarnya keburu menghitam dan atasnya masih basah.
 5. Taburi kismis, tutup lagi, biarkan sampai matang dan angkat. Variasi taburan lain bisa menggunakan parutan keju, irisan nangka,  meises, dll.


Bola Ubi Ungu 
Resep aslinya juga ngintip dari NCC


Legit dan wangi >_<
Bahan:
500 gr ubi ungu, kukus, haluskan
2 sdm gula halus
3 sdm tepung sagu
½ ltr minyak goreng


Method :
1. Campur ubi, gula halus dan tepung sagu, aduk rata. Buat bulatan sebesar bola bekel. *Kalau saya menyisipkan bon
gkahan kecil sekitar 1 sdt gula merah di tengahnya. (hasil nyontek dari penjual gorengan di Depok.. hehehe)
2. Panaskan minyak dengan api sedang. goreng bola ubi hingga kuning kecoklatan. Angkat dan sajikan.
3. Taburi gula halus dan kayu manis bubuk untuk penampilan dan rasa yang lebih kaya.