Tahu Goreng Kecap ala Korea

Balik lagi ke resepnya Maangchi, dari semua resep tahu yang saya punya, resep yang ini betul-betul favorit. Sebenarnya resep ini sudah 5-6 kali diuji coba di dapur saya.. hehehe. Mulai dari plek-plekan ngikutin resepnya, sampai hafal resepnya dan pakai metode kira-kira. Terakhir malah sempat mensubstitusi corn syrup pakai kecap manis. Benar-benar resep anti gagal deh, dan menurut saya sih resep ini pas banget untuk dimakan bareng nasi atau bubur putih.

Tahu crispy dan saus yang gurih, yummm!
Corn syrup yang ada di resep (saya ganti jadi madu) juga ternyata bisa menetralkan rasa kecap asin dan membuat tahunya jadi gurih. Oh iya, saya pakai kecap asinnya yang merk Cu Tung Hin, labelnya ada gambar ikan masnya. Kalau pakai kecap asin merk ABC mungkin jadinya nggak sehitam ini ya warnanya.

Pan Fried Tofu in Soysauce (Dubu Ganjang Jorim)
Nyontek dari sini :D


Bahan :
1 buah tahu
1 siung bawang putih
1 sdm kecap asin
1 sdm sirup jagung (bisa diganti dengan simple syrup atau madu)
wijen hitam atau wijen putih


Method :
1. Potong tahu jadi 10 bagian (bite size), *kalau saya dibelah 4, terus diiris lagi jadi 2 supaya lebih tipis.
Keringkan permukaan tahu dengan paper towel *saya skip.
2.  Panaskan 1-2 sdm minyak di dalam wajan/penggorengan. Masukkan irisan tahu, kecilkan apinya.
Goreng tahu dengan api kecil selama 5-7 menit sampai bagian bawahnya berwarna coklat keemasan. Balik tahu dan goreng kembali selama 5 menit supaya permukaan tahunya garing.
3. Tambahkan bawang putih cincang, kecap asin, sirup jagung/madu. Aduk-aduk supaya sausnya mengental dan melapisi tahu.
4. Matikan api dan angkat tahu. Taburi dengan wijen sebelum disajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara