Cari Posting Lainnya

Minggu, 15 Desember 2013

Ddeokbokki (Korean Spicy Rice Cake)

Bagi para penggemar serial drama Korea, pasti sering lihat penampakan si Ddeokbokki ini deh. Saya bukan penggemar drama Korea, tapi saya sering banget lihat si Ddeokbokki. Pertemuan pertama saya dengan si rice cake itu waktu adik saya pulang dari festival kebudayaan di FIB-UI, dia jajan dan salah satunya ada si Ddeokbokki. Waktu itu saya makan yang versi cupu karena yang jualan sesama mahasiswa. Tapi itu aja udah enaaak banget, rasanya kenyal dan bumbunya manis pedas melumuri si rice cake.

Sebenarnya ini masih kurang kental sausnya, harusnya lebih kering dari ini.

Dari situ saya penasaran banget, gimana cara bikinnya. Tadinya sih yang dicari itu di mana saya bisa membeli yang udah jadi, biar tinggal makan.. hehehe. Tapi ternyata menu ini langka, akhirnya saya mencari tahu bagaimana cara buatnya. Ternyata mudah banget!


Yang jadi kendala cuma ddeok-nya alias si rice cake. Dulu waktu makanan Korea belum sepopuler sekarang, sulit sekali mencari toko yang menjual si rice cake. Sampai akhirnya saya datang ke Interfood dan menemukannya di stand Mu Gung Hwa. Hwoohh.. betapa happy-nya saya!

Belakangan, Tuhan mengabulkan doa saya, Maangchi beberapa waktu lalu mengajarkan cara membuat rice cake dari scratch! Padahal dulu waktu saya tanya, dia bilang supaya saya beli aja daripada bikin sendiri karena effort-nya terlalu banyak. Lebih baik beli, praktis katanya :D



Resep Ddeokbokki yang saya pakai ini adalah resep paling basic, belakangan ada resep yang lebih mantap dengan menggunakan lebih banyak bahan dari Maangchi. Ini videonya :




Ddeokbokki (Korean Spicy Rice Cake)
Sumbernya dari Maangchi, tapi sepertinya resepnya sudah di-update dan nggak ada lagi.


Bahan (untuk 1-2 porsi) :
150 gram rice cake, potong-potong sepanjang 5 cm.
2-3 sdm gochujang (hot pepper paste)
1/2 sdm gula
2 cup air
3-4 ikan teri yang besar
3-4 batang daun bawang

Method :
1. Dalam panci, tuang air dan masukkan ikan teri yang sudah dibuang kepala & bagian perutnya. Rebus selama 10 menit dengan api sedang.
2. Angkat ikan terinya dan masukkan rice cake, gochujang, gula dan 1 sdm bubuk cabe (optional, ini akan membuat hasil akhirnya agak pedas). Masak sambil terus diaduk.


3. Potong-potong daun bawang sepanjang 5 cm, lalu tambahkan ke dalam panci.
4. Masak semuanya sambil diaduk terus sampai saus mengental dan rice cake-nya jadi mengkilap.
5. Angkat dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar