Cari Posting Lainnya

Rabu, 05 Maret 2014

My Epic Easy Kimchi (Mak Kimchi) Project

Ini sebenarnya udah dikerjakan sejak lama, kalau nggak salah tahun 2012 kemarin. Tapi saya lupa terus mau cerita di sini. Waktu itu saya tergila-gila banget sama kimchi (sekarang juga sih), jadi saya betul-betul bertekad untuk bikin kimchi homemade. Kebetulan waktu itu saya juga baru aja ikutan gathering dengan Maangchi, dan sempat mencicipi kimchi buatan Mariska yang enak banget. Jadi makin semangat deh untuk menjajal resep kimchi.

Fresh handmade kimchi, jauuuh lebih enak daripada yang kemasan.

Yang saya coba ini resep untuk kimchi yang simpel, kalau kata Maangchi, ini easy kimchi. Soalnya bahannya dipotong-potong dulu sebelum diaduk rata dengan bumbunya. Ini benar-benar mempermudah dalam proses pengerjaan, karena kalau bahannya masih utuh, agak sulit membalurkan bahan bumbu ke sayurannya sampai rata.


Setelah jadi, kimchi-nya bisa langsung disantap. Nah, kalau kita berhasil, kimchi-nya pasti sudah enak rasanya meski belum terfermentasi.

Masa penyimpanan si kimchi ini sudah saya jajal sampai 6 bulan (soalnya yang makan cuma saya sendirian, jadi lama habisnya). Dan semakin lama disimpan, rasanya makin enak. Tapi simpan dengan baik ya, karena kalau kurang higienis, bisa berjamur kimchi-nya.
Silakan disimak resepnya, ada video juga dari Maangchi supaya lebih jelas untuk tahapannya :



Easy Kimchi (Mak Kimchi)
Resep aslinya saya contek dari sini.


Bahan (saya cuma pakai setengahnya) :
4.5 kg sawi putih
1 cup bawang putih yang sudah dikupas.
1-2 sdm jahe
1 cup bawang bombai (1/2 bawang bombai ukuran besar)
2 cup daun bawang besar / leek, iris miring sepanjang 2 cm
10 batang daun bawang, iris miring.
1/4 cup wortel, iris tipis memanjang.
2 cup lobak putih, iris tipis memanjang.
1/2 cup tepung ketan
1/4 cup gula
1 cup kecap ikan
2.5 cup bubuk cabe Korea / gochugaru (jangan diganti dengan bubuk paprika atau bubuk cabe lokal ya, nanti jadi nggak enak rasa kimchi-nya.
1 cup garam
Air secukupnya

Method :
1. Potong memanjang sawi putih menjadi 2 bagian, lalu potong memanjang lagi masing-masing menjadi 2 bagian. Buang bagian tengahnya lalu potong-potong ukuran bite size.


2. Rendam potongan sawi dalam air, taburi garam.


3. Setiap 30 menit sekali, balikkan potongan sawi untuk meratakan garamnya. Biarkan selama 1.5 jam.

4. Sementara itu, siapkan adonan tepungnya : Dalam panci, aduk rata 3 cup air + 1/2 cup tepung ketan. Didihkan sambil diaduk-aduk.
5. Kalau sudah muncul gelembung, sekitar 5 menit kemudian, tambahkan gula. Aduk rata dan masak kembali sampai adonan jadi berwarna agak transparan. Angkat dan dinginkan.


6. Untuk pasta kimchi : Blender bawang putih, bawang bombai yang sudah dipotong-potong, jahe dan kecap ikan. Tuang ke wadah, tambahkan adonan bubur tepung dan aduk rata.
7. Tambahkan bubuk cabe (bisa dikurangi takarannya kalau tidak suka pedas), aduk rata.


8. Masukkan irisan daun bawang besar, daun bawang, wortel, dan lobak ke dalam adonan pasta kimchi. Aduk rata.


9. Setelah 1.5 jam, bilas potongan sawi dengan air bersih 3 kali supaya benar-benar bersih. Tiriskan dan sisihkan. Nah, sekarang tinggal penyelesaian.
10. Di baskom atau wadah yang besar (pastikan wadahnya cukup besar ya, supaya gampang waktu proses mengaduknya), masukkan sawi, kemudian tambahkan pasta kimchi dan aduk sampai rata dengan tangan.

Hati-hati ya, bubuk cabenya bikin tangan terasa panas lho.

11. Setelah tercampur rata, pindahkan ke wadah kedap udara dan simpan dalam lemari es. Atau bisa juga langsung dimakan. Enak banget dijadikan teman makan nasi.


Selamat mencoba ya, fighting! :D

PS : Kalau nggak mau repot-repot bikin, bisa lho pesan. Hehehe.. silakan main ke sini.

2 komentar:

  1. Di super indo ada kah itu bubuk cabe nya bang?

    BalasHapus
  2. Boleh coba dicari, Pak Sandy Eka. Saya belinya di Mu Gung Hwa, Jakarta. Sepertinya nggak semua supermarket jual Pak.

    BalasHapus