Banana Cake Tanpa Komplain

Selamat hari raya Waisak untuk yang merayakan. Wah nggak terasa udah bulan Mei lagi ya, belakangan saya seperti terkena sindrom baking blue. Entah kenapa rasanya malas sekali ke dapur untuk ngutak-ngatik resep. Mungkin gara-gara setengah hati itulah, tiap kali iseng bikin kue, hasilnya pasti nggak maksimal. Hahaha..


Tapi namanya juga tukang makan, di satu titik saya pengen sekali makan kue bikinan sendiri. Akhirnya sekarang sudah mulai lagi manggang kue dan bikin cemilan.

Kemarin ini saya beruntung sekali, kenalan saya yang punya kebun baru panen pisang dan singkong. Wah happy deh pokoknya, dapat beberapa buah singkong yang besarnya sebetis. Pisang ambonnya sengaja saya sisihkan sebagian untuk diolah jadi kue. Hehehe.. padahal dimakan begitu aja udah enak banget lho, apalagi dibikin kue, hasilnya jauh lebih enak lagi.


Kalau males cuci loyang, bisa juga dipanggang dalam loyang muffin seperti ini. Praktis!

Dulu saya pernah berbagi resep Banana Cake yang pemaaf, tapi menurut suami hasilnya kurang oke karena kalau sudah dingin rasanya jadi berminyak. Nah, sekarang saya coba jajal resepnya NCC yang sudah tersohor. Ternyata lebih enak resep NCC lho! Rasanya lebih ringan dan lebih harum, dua loyang Banana Cake (yang satu saya bagi ke nyokap) ludes tanpa komplain. Untuk yang mau jajal, silakan contek resepnya.

BANANA  LOAF
Penulis: Fatmah Bahalwan
Begitu keluar dari oven, wanginya bikin saya kepengen cepet nyicip.
Bahan A :
3 buah pisang Ambon
1 sdm air jeruk lemon
Bahan B :
225 gram tepung terigu protein sedang
1 sdm bumbu spekoek
1 sdt Baking Powder Double Acting
 
Bahan C :
150 gram mentega
110 gram coconut sugar / palm sugar
40 gram gula pasir
5 butir kuning telur
 
Bahan D :
5 butir putih telur, kocok kaku
 
Cara membuatnya :
1. Bahan A: haluskan pisang, beri air jeruk lemon, aduk rata, sisihkan.
2. Bahan B : aduk rata semua bahan, ayak, sisihkan.
3. Bahan C: kocok mentega, gula palem dan gula pasir hingga lembut dan pucat, masukkan kuning telur satu persatu, kocok terus hingga rata.
4. Matikan mikser, tuang campuran bahan B ke dalam adonan, aduk rata.
5. Tuang bahan A, aduk rata. Masukkan bahan D secara bertahap, aduk rata.
6. Masukkan adonan ke dalam loyang loaf ukuran 12x24x7cm yang sudah dipoles mentega dan ditaburi tepung. Panggang dalam oven suhu 180’C selama kurang lebih 45 menit atau hingga matang. *saya kemarin di suhu 170 derajat sekitar 30 menit pertama, lalu diturunkan ke 160 derajat.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara