Cari Posting Lainnya

Selasa, 17 Maret 2015

Cheese Cake Ubi Ungu

Sudah lama banget nggak blogging! Saya akui beberapa bulan belakangan memang agak sibuk (ciee), ditambah lagi modem & kompi berturut-turut rusak.. hiks. Jadi sempat riweuh dengan dunia online.


Awal mula saya dapat resep ini sebenarnya karena saya sempat ketemu dengan teman sesama penggemar kuliner. Waktu itu kopdar perdana dan dia bawa japanese cheese cake buatan sendiri untuk dimakan ramai-ramai. Rasanya enaaaak banget! Soalnya memang dia sering sekali icip dan praktek bikin cheese cake, jadi sudah sangat paham seluk-beluknya. Cheese cake buatan dia yang saya makan waktu itu sama sekali tidak berpori dan sangat lembut.

Untuk hiasan atasnya, saya pisahkan sedikit adonan lalu diberi 2-3 tetes pewarna ungu.

Sesudah dingin, tengahnya retak karena ternyata masih agak basah :p
Nah setelah ngobrol panjang, saya diberi resep yang menurut dia enak dan unik. Saya memang agak payah kalau berurusan dengan cheese cake, kecuali yang tidak dipanggang. Jadi waktu saya praktekkan resep ini sesuai dengan tips yang diberikan, tetap aja hasilnya belum bisa secantik punya teman saya.. Hehehe.. Tapi kalo soal rasa sih, enaaak.

Rasanya ringan sekali, mirip cotton cake yang diberi sentuhan cream cheese.

POTATO CHEESE CAKE
Sumber : SEDAP 05/IX/08

 

Bahan : 
100 gr kentang kukus, haluskan (saya ganti dengan ubi ungu)
100 gr cream cheese
90 gr susu evaporated
60 gr mentega tawar (saya pakai mentega biasa dan skip garam)
120 gr kuning telur (6-7 telur)
50 gr tepung terigu protein rendah
20 gr tepung maizena
150 gr putih telur (5-6 telur)
¼ sdt gram (saya nggak pakai)
½ sdt cream of tartar
100 gr gula pasir halus

1 sdt vanilla extract atau air lemon (tambahan, boleh di-skip)

Method :
1. Tim cream cheese + susu evaporated sambil diaduk hingga keju larut.
2. Masukkan kentang dan mentega, aduk sampai mentega larut. Angkat.
3. Tambahkan kuning telur satu per satu, aduk rata.
4. Masukkan terigu & maizena sambil diayak, aduk rata. Sisihkan.
5. Kocok putih telur, garam & cream of tartar hingga berbusa. Tambahkan gula pasir sedikit demi sedikit, kocok hingga soft peak. (Tips dari teman saya, kocok dengan mixer kecepatan tinggi sampai mengembang, lalu turunkan ke kecepatan paling rendah. Kocok sampai soft peak supaya nggak ada porinya)
6. Tuang kocokan putih telur ke dalam adonan cream cheese sedikit demi sedikit sambil aduk balik hingga rata.
7. Tuang kedalam Loyang uk 26 x 26 x 4 cm yang dialas kertas roti TANPA oles mentega. (Saya pakai loyang bulat diameter 20 cm)
8. Oven au bain marie selama 40 menit dengan suhu 160 celcius. (Perhatikan waktu panggangnya dan tes tusuk ya, karena setiap oven beda-beda. Punya saya tengahnya ternyata masih agak basah.. huhuhu.
)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar