Pie Ayam Jamur ala Jamie Oliver

Kali ini, judulnya menipu. Hahaha..
Tentu saja resep yang saya pakai benar resepnya Mister Jamie, tapi karena saya malas bikin kulit pie-nya dan di sini nggak ada yang jual kulit pie siap pakai, akhirnya saya ganti pembungkusnya pakai makaroni *nyengir*.

Enak dan mudah.

Awalnya saya sempat mencoba resep ini dalam bentuk pie, karena memang punya kulit pie sisa dari Eggtart. Tapi sayang kulit pie ala saya rasanya asin jadi nggak cocok dipadankan dengan isian yang gurih. Ihiks..

Padahal udah dihias pakai cetakan kuker. Tapi sayang hasilnya nggak sesuai ekspektasi.

Sudah gitu, kulit pie saya terlalu renyah dan mudah hancur :p

Saya juga sempat iseng coba-coba memasangkan isian pie ini dengan roti tawar. Hasilnya enak tapi makannya jadi nggak praktis. Terakhir saya coba mencampurkan ke macaroni, dan ternyata saya lebih suka hasil eksperimen yang terakhir ini. Hahaha.. Ini sih judulnya menghabiskan bahan makanan sisa ya :D


Buat yang mau coba, silakan diintip resepnya. Saya dapat dari diskusi di forum situs Mister Jamie. Aslinya resep ini ditayangkan di serial Jamie's 30 Minute Meals. Tapi di sana nggak ada resepnya.

Chicken Pie
(Adapted from Jamie’s 30-Minute Meals)



Bahan :
500 gr daging ayam (paha atau dada)
mentega secukupnya (kira-kira 1 sdm)
1 ikat daun bawang (saya pakai 2 batang)
150 gr jamur kancing
1 sdm tepung terigu
2 sdt English mustard (saya skip karena nggak punya)
1 sdm creme fraiche (saya ganti susu evaporated)
300 ml kaldu ayam
sedikit thyme (1-2 cubit)
1/2 buah pala, parut
1 lembar puff pastry (saya ganti jadi macaroni kurang lebih 200 gr)
1 butir telur
garam dan lada secukupnya
extra virgin olive oil (saya pakai minyak sayur biasa)

Metode :
1. Panaskan oven sampai 200 C. 
(Kalau pakai macaroni, skip proses ini dan mulai dengan merebus macaroni sesuai petunjuk kemasan)
2. Potong-potong jamur dan iris daun bawang. Potong daging ayam jadi ukuran bite-size

3. Panaskan minyak dan mentega di penggorengan, masukkan ayam dan masak sebentar. 
4. Tambahkan jamur dan daun bawang, lalu masukkan tepung dan aduk rata.
5. Setelah itu masukkan mustard, creme fraiche dan kaldu ayam. 
6. Terakhir, tambahkan thyme dan parutan pala. Bumbui dengan garam dan lada, dan biarkan meletup-letup di atas kompor sambil menyiapkan kulit pastry. (Jangan lupa kecilkan apinya)
7. Taburi area kerja/talenan dengan sedikit tepung, dan keluarkan kulit pastry di atasnya. Cetak kulit pastry ke loyang pie & rapikan sisi-sisinya. Jangan lupa sisakan sedikit kulit pastry untuk pinggiran pie-nya.
8. Cek isian pie-nya, kalau sudah mengental, tuang isian ke dalam loyang pie lalu tutup dengan kulit pastry. Olesi dengan telur kocok dan panggang selama 15 menit atau sampai kecoklatan.
9. Kalau pakai macaroni, ketika isian pie sudah mengental, masukkan macaroni dan aduk rata. Matikan api, angkat dan sajikan. Boleh ditambah keju parut kalau suka.

Terima kasih, selamat mencoba :)

Komentar

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara