Cari Posting Lainnya

Selasa, 13 September 2011

Tempe Ungkep Bumbu Kuning

Ramadhan kemarin harga daging naik banyak, jangankan gitu.. harga sembako aja naik. Gara-gara ini akhirnya jadi stop beli daging sama sekali dan mulai rajin browsing cari pengganti protein. Yang paling banyak dimakan sih tetep tahu-tempe plus telor. Dan untungnya saya doyan tempe.. hehe murmer dan enak sih rasanya. Sehat pula.

Ini tempenya udah ditopping sambel, jadi makin enaaak.
Nah, dari sekian banyak resep tahu-tempe yang udah dipraktekin, ada 1 yang juara banget nih. Aslinya dari resep ayam goreng, tapi ayamnya diganti tempe.. hohohoho.. memang jadi ibu-ibu harus kreatip.
Karena masaknya lumayan ribet, kemarin dibikinnya sekaligus banyak aja, trus tinggal simpen di wadah tertutup dan masuk kulkas. Nanti kalau mau dimakan, tinggal goreng deh.. gampang!

Tempe yang udah diungkep, masuk wadah trus simpen di kulkas.
Resepnya nyontek dari blognya Mbak Ria Icip-icip, suka banget sama blognya yang banyak resep tradisional, jadi bisa belajar. Terus terang kalo masak makanan Indonesia yang bumbunya macem-macem, suka lieur duluan baca resepnya. Sekarang sih, karena lumayan sering coba-coba, jadi udah lumayan naek nih levelnya.. hehehe.

Buat yang pengen coba, nih resepnya :

TEMPE GORENG BUMBU KUNING
aslinya Ayam Goreng Ala Mama-nya Mbak Ria 

Bahan :
1 ekor ayam, potong menjadi 12 bagian (ganti jadi 1 papan tempe, potong seukuran tempe goreng biasa)

400 cc air
1 lembar daun salam (kemarin ditambah jadi 3 lembar)
3 lembar daun jeruk (karena doyan, jadi ditambahin 3 lembar lagi)
garam secukupnya


Bumbu halus :
8 siung bawang merah
4 siung bawang putih
2 ruas kunyit
2 ruas lengkuas/laos muda (gak punya lengkuas, jadi diskip deh)
1 batang sereh (pangkalnya)
3 sdm ketumbar

Cara membuatnya :
1. Cuci bersih ayamnya (tempe mah gak usah dicuci).

2. Tambahkan bumbu halus dan bahan lainnya. Ungkep hingga air nya sat/habis.
3. Goreng ayam / tempe dalam minyak panas sampai kuning kecoklatan.

Note :
* Kalau mau bikin rada banyak buat disimpen, resepnya dikali 2 aja semua.
* Kemarin saya bikin untuk disimpen sebagian dan tahan sampai 3 hari di kulkas. Kayaknya bisa lebih lama lagi deh, soalnya kan tempenya udah mateng, jadi gak rentan busuk.


Gampang banget kan resepnya? Tapi kemarin karena laosnya diskip, rasanya jadi kurang tajam. Mungkin kalau ada laos, bumbunya bisa lebih menggigit.
Tempe goreng kalo nggak pake sambel rasanya nggak afdol, jadi kemarin sempet bikin sambel penyetnya NCC :

Bahan:
5 bh cabe merah keriting
3 bh cabe rawit
4 bh bawang merah
1 bh tomat, potong-potong
1/4 sdt garam
1 sdt terasi matang
1 sdt gula
2 sdm minyak goreng

Cara membuatnya:
1. Panaskan minyak goreng dalam wajan, goreng cabe merah, bawang merah dan tomat hingga layu, angkat taruh dalam cobek.
2. Beri terasi, garam dan gula, ulek hingga halus (kemarin diblender asal pake blender bumbu, soale nggak punya cobek).
3. Sajikan bersama lauk yang cocok dipenyet.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar