Cari Posting Lainnya

Sabtu, 22 Oktober 2011

Candied Sweet Potato

Gara-gara penasaran banget sama Kimchi, dan sempet gagal total bikin kimchi *hiks*. Jadi nyangkut ke websitenya Maangchi. Tadinya cuma baca-baca resep kimchi soalnya untuk kimchi aja resepnya ada macem-macem. Tapi setelah akhirnya beberapa kali praktek kimchi dan nggak pernah berhasil bikin yang enak, akhirnya saya nyerah dan mengobati sakit hati dengan melihat-lihat resep si Maangchi yang lain.

Yang bikin saya betah di webnya itu adalah karena dia rajiiin banget, hampir di tiap resep ada video-nya. Udah gitu, dia type yang emak-emak pisan, nggak pake basa-basi seperti ahli masak pada umumnya, semua gerakannya pure ala Ibu-ibu rumahan. Malah ada beberapa video yang menurut saya menunjukkan kalau dia sebenarnya agak ceroboh.. hehehe. Tapi itu justru yang bikin videonya nggak membosankan dan asik ditonton.

Tambahan lagi, saya ini termasuk orang yang berpendapat kalau masak itu nggak boleh terlalu perfect, kalau kayak gitu nanti makanannya malah jadi nggak punya "jiwa". Jadi masih okelah kalau juru masaknya sedikit clumsy.

Si Maangchi ini sebenarnya tante yang funky abis, tapi entah kenapa dari cara dia pegang pisau, cara dia masak dan ngebumbuin masakannya, saya punya feeling kalau masakannya pasti enak. Nah, tadinya saya penasaran banget sama resep-resep beratnya. Tapi karena sebagian besar melibatkan bahan yang nggak dijual disini (dijual disini pun harganya aduhai mahalnya), jadi saya beralih ke appetizer dan snack.

Kebetulan ketemu resep Candied Sweet Potato, jadi inget 1 tahun lalu pernah dibagi sama adik yang kuliah di UI. Waktu itu dia euforia di pasar kaget mahasiswa yang diadakan sama mahasiswa asing UI. Dia jajan banyaak banget snack Korea, salah satunya si Sweet Potato ini. Dulu pas pertama kali makan, takjub banget sama rasanya, dan penasaran banget sama cara buatnya. Akhirnya setelah ketemu resepnya, buru-buru dipraktekin.

Kalau dilihat sih penampakannya mirip Ubi yang dikasih gula merah biasa. Tapi setelah dicicip, sesuai namanya tekstur luarnya memang crunchy ala permen. Ajaib deh, rasanya takjub dengan resep yang simpel ini bisa menghasilkan sesuatu yang unik.

CANDIED SWEET POTATO
Resep aslinya plus videonya ada disini
Setelah bikin ini, kayaknya spun sugar jadi nggak kelihatan susah :D
Bahan :
1-2 buah (kurang lebih 500gr) ubi merah *pakai ubi putih juga OK
3-4 sendok makan gula pasir
minyak untuk menggoreng
biji wijen hitam (optional, tapi kalau ada, bisa menambah cita rasa)

Method :
1. Kupas ubi, cuci dan potong-potong. Kalau aslinya ngikutin tante Maangchi, potongnya serong-serong mirip segitiga yang sisinya membulat (bahasanya ribed yah), jadi nggak terlalu tebal. Caranya ubi dibelah 2 atau 4 sampai ukurannya agak kecil, lalu diiris menyerong, tebalnya kurang lebih 1 cm. Tapi sepertinya diiris memanjang seperti bentuk stik french fries juga OK.
 2. Goreng ubi dengan api agak besar sampai kuning kecoklatan. Angkat dan sisihkan.
Potongannya agak menyerong jadi ada sudut yang tebal dan tipisnya.
3. Coating gulanya : Panaskan sedikit minyak, kurang lebih 1 sendok makan. Ratakan ke seluruh permukaan penggorengan. *Kalau bisa pakai penggorengan teflon supaya nggak lengket*
4. Sendokkan 3-4 sendok makan gula pasir ke atas minyak sambil disebar supaya nggak menggunung di satu sisi. Panaskan dengan api sedang sampai gulanya meleleh. Jangan diaduk ya, cukup goyang-goyangkan aja penggorengannya supaya gulanya meleleh semua.
5. Setelah gulanya meleleh, goyang-goyangkan penggorengan sampai gula berubah jadi kecoklatan.
6. Masukkan ubi goreng ke lelehan gula dan aduk cepat supaya semua permukaan ubi ter-cover gula. Jangan kelamaan ya, nanti gulanya mengkristal, jadi seperti gemblong deh.. hehe.
7. Angkat, pisah-pisahkan jangan sampai ubinya saling menempel karena kalau nempel nanti begitu agak dingin lapisan gulanya mengeras dan ubinya jadi 1 bongkahan besar..hehehe. Taburi wijen hitam kalau suka dan sajikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar