Cari Posting Lainnya

Rabu, 11 April 2012

No Knead Donut

Biasanya kalau dapet resep donat, pasti melibatkan tenaga super kuli untuk nguleni adonannya. Soalnya saya pernah bikin donat yang diuleni sekedarnya, apalagi waktu itu belum ngerti apa artinya kalis. Hehehe.. jadilah donat saya bantat dengan suksesnya.

Karena itulah, saya hepi banget waktu ketemu resep ini.
Seperti biasa, tiap ketemu resep yang nggak seperti biasanya, pasti awalnya ragu. Apa bisa sukses ya, apalagi kasusnya donat, sudah nggak diuleni, nggak pakai ragi pula. Hilang deh 2 bahan utamanya.

Donat sebelum diberi topping.

Kemarin eksperimen topping-nya : gula donat dan choki-choki.. hehehe.

Tapi karena waktu itu lagi iseng (baca : lapar), akhirnya dicobain dan sukses! Bentuk dan penampakannya persis seperti yang ada di vidio. Ihiy! Baidewei, resep-resep yang ada di vidionya kelihatannya enak-enak lho. Ada beberapa yang metodenya lumayan merepotkan sih, tapi nanti kalau ada waktu boleh juga coba dijajal yang lainnya. Hehehe..


Memang sih donat ini rasanya nggak terlalu memuaskan, lebih mirip kue bantal, agak seret dan nggak terlalu manis. Tapi menurut saya sih cukup oke untuk teman minum teh dan sepertinya ini resep anti gagal. Tinggal tambah topping favorit untuk donatnya, jadi deh cemilan praktis. Kemarin total waktu pengerjaannya nggak sampai 30 menit. Monggo resepnya :D

NO KNEAD DONUT
hasil nonton Chef di Cooking with Dog


Bahan (untuk 16 donat mini):
100 gram tepung terigu serbaguna (kalau di resep aslinya pakai cake flour)
1 sdt Baking Powder
1 butir telur
2 sdm gula pasir (aslinya pakai brown sugar)
2 sdm susu cair
1 sdm mentega yang sudah dilelehkan
1-2 sdm gula donat untuk topping (atau bisa juga diganti dengan selai, cokelat leleh, bahkan susu kental manis. Menurut saya makin mantap topping-nya, makin enak rasa donatnya.)

Method :
1. Campur tepung terigu dan baking powder, ayak, sisihkan.
2. Kocok lepas telur, masukkan gula, kocok dengan garpu sampai gula larut.
3. Tambahkan susu dan mentega leleh ke kocokan telur, aduk sampai rata.
4. Buat lubang di tengah-tengah tepung, tuang telur ke dalamnya. Aduk dari arah dalam ke luar sampai benar-benar rata.
5. Panaskan minyak dalam wajan. Dengan menggunakan sendok makan, sendokkan adonan ke dalam minyak yang sudah panas. Goreng hingga kuning keemasan. Angkat (adonan donat akan mengembang sampai dua kali ukuran mentahnya).
6. Tunggu sampai donat benar-benar dingin, lalu beri topping sesuai selera.

2 komentar:

  1. Menarik,,, kira2 kalo pengen dibentuk bulat tengahnya bisa ga ya??

    BalasHapus
  2. Kalau dilubangi tengahnya sepertinya bisa, tapi yang ini teksturnya bukan yang empuk ya Pak/Bu. Lebih mirip kue bantal sebenarnya :)

    BalasHapus