Cari Posting Lainnya

Sabtu, 26 Mei 2012

Ijo Ijo Nasi Pandan

Sebelum mencicipi si Nasi Pandan ini, saya benar-benar nggak punya bayangan kayak apa sih rasanya?
Nasi Pandan ini heboh banget di milis NCC, biasanya dibuat tumpeng dan orang-orang bilang enak. Hmm.. akhirnya setelah petik pandan dari rumah nyokap, dijajal deh resepnya.

Nasi pandan lauk Sambel goreng telur (puyuh).. hehe. Enaak :9
Setelah jadi dan dicicip, saya nggak bisa bilang saya suka atau tidak suka. Hehehehe.. soalnya menurut saya si nasi ini enak kalau dimakan dengan lauk yang tepat. Dari dua kali percobaan--yang pertama lauknya sambal goreng telur puyuh dan yang kedua lauknya cuma bakwan goreng-- saya menyimpulkan kalau si nasi pandan cocoknya dengan lauk yang berbumbu dan sepertinya makin maknyus kalau dimakan bareng daging-dagingan. Kalau lauknya polos-polos misalnya tahu atau tempe goreng aja, pasti nggak berasa enaknya karena terus terang bau pandannya agak santer dan bikin eneg. Minimal harus ada sambel untuk menetralisir.

Tekstur dan rasanya sebenarnya mirip nasi uduk tapi yang ini plus wangi pandan. Metode pembuatannya sangat simple, yang ribed mah menyiapkan side dish-nya. Hehehe.. nah saya bagi resepnya ya. Siapa tahu ada yang minat mencoba.

NASI PANDAN
Nyontek dari webnya NCC


Bahan :
500 gr   beras putih
100 ml  santan kental
500 ml  air
1 sdm   garam
15 lbr    daun pandan













Method :
1. Potong-potong daun pandan, blender bersama separuh bagian air, saring peras. Campur air pandan bersama santan, dan sisa air hingga jumlah total menjadi 600ml.

Pandan yang sudah diblender dan diperas airnya.


2. Kukus beras hingga panas, sambil masak campuran air pandan hingga mendidih. Matikan api.

3. Campur beras panas dengan air pandan panas, aduk rata dan biarkan semua air terserap habis.
4. Kukus kembali beras selama 20 menit. Angkat. Sajikan. (*gampang kan?)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar