Many Ways to Dulce de Leche

Waktu pertama kali baca namanya, saya pikir Dulce de Leche ini sejenis dessert; kue atau pudding. Nggak tahunya, ini adalah nama keren dari susu kental manis yang direbus. Dan ternyata saya sering bikin untuk Medovik :D

Berkat Medovik, jadi kenal Dulce de Leche <3

Kenapa saya share di sini? Karena rasanya enaaaak banget! Malah saya lihat ada teman yang merebus susu kentalnya selama 4 jam lebih, sampai teksturnya jadi agak memadat seperti toffee.

Saya hanya merebus sampai 2 jam, soalnya butuhnya yang agak encer.

Kalau direbus lebih lama lagi, jadinya lebih kental dan lebih enaak!

Cara buatnya mudah sekali, teorinya sih tinggal cemplungin susu kental manis beserta kalengnya ke dalam panci berisi air sampai seluruh kaleng terendam. Setelah itu direbus selama 2 jam (atau sampai 4 jam untuk menghasilkan tekstur toffee). Semakin lama merebusnya, semakin kental dan sedap rasanya.



Tapi mengingat kaleng susu kentalnya ikut direbus, saya prihatin juga. Apalagi rebusnya lama, sampai lebih dari 2 jam. Untung dapat pencerahan dari Natashas Kitchen, kalau susu kentalnya bisa dipindahkan dulu ke tempat selai, baru kemudian direbus. Yang penting, tempat selainya harus yang bagus, supaya tutupnya rapat dan nggak kemasukan air.

Pastikan semuanya terendam air ya.

Ada juga yang membuat Dulce de Leche dengan cara memindahkan susu kentalnya ke loyang pie, terus dipanggang selama 2-3 jam dengan cara au bain marie.

Metode lainnya, bisa juga dengan cara double boiler. Susu kentalnya dituang ke mangkok stainless, letakkan mangkok di atas panci yang berisi air (pancinya kalau bisa lebih kecil dari mangkoknya). Tumpangkan panci ke atas kompor, nyalakan api kecil, masak susunya selama 3 jam sambil diaduk sesekali supaya tidak hangus. Repot juga ya?

Metode double boiler. Gambar diambil dari http://unsophisticook.com/how-to-make-a-double-boiler/

Kalau metode yang saya pakai, cuma perlu ditengok sesekali supaya ketinggian airnya selalu cukup. Jadi tempat selainya selalu terendam air. Banyak lho resep yang pakai Dulce de Leche ini, dan sebenarnya sih nggak perlu diutak-atik juga udah enak banget. Penasaran? Ayo bikin :D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Choi Pan