Cari Posting Lainnya

Sabtu, 14 Mei 2011

Medovik, Russian Honey Layer Cake

Karena kemarin "ditantang" untuk bikin dessert khas Ceko, jadilah praktek Medovik dan Czech Strawberry Bar. Si Medovik sendiri basically hanya kue madu--semacam biskuit tepatnya--yang ditumpuk dan dilapisi krim manis. Nama kerennya Honey Cake. Resep yang beredar macem-macem banget. Dan celakanya kalau di internet harus ngandelin insting banget (ciee..). Kan nggak semua resep yang beredar di internet pasti enak dan pasti sukses. Pernah beberapa kali nyobain resep dari internet (di jaman daku masih hijau.. hohoho), hasilnya gagal dengan sukses. Hahahaha.. tapi dengan begitu jadi pengalaman sih. Sekarang tiap baca resep, diliat dulu rating atau viewer atau comment-nya. Jadi kalau comment-nya banyak (meski nggak tau rekayasa atau bukan), resepnya reliable dan boleh dicoba 

Nah untuk si Medovik, dari sekian banyak resep yang beredar, yang disini keliatannya paling bisa dipercaya. Ngeliat tampilan blognya aja bisa ditebak kalau si empunya blog punya apresiasi tinggi sama makanan. Fotonya cakep-cakeeep. Dia keliatannya juga modifikasi dari resep orang lain, yang ini. Sepertinya resep asli Medovik itu metodenya memang dengan pakai Susu kental manis (SKM) yang direbus. Resep dasar kuenya sama, Cuma beda krimnya aja.


Karena saya pikir resep yang asli lebih menarik, jadilah praktek resep yang asli, yang pakai rebus SKM selama 2 jam! Tapi ternyataaaa setelah jadi, kuenya enaaaaaaaaak banget!!!!! Memang deh kalau resepnya pakai cara tradisional atau pakai metode yang ajaib, itu worth to try banget. SKM yang direbus itu malah nambah cita rasa tersendiri untuk krimnya. Yummy banget. Nggak heran kalau si Medovik ini booming. Di Rusia aja ada toko yang bisa jualan 20.000 Medovik per hari lho. 

Rasanya seneng banget deh, jadi bisa experience Eropa lewat masakan. Hehehe.. 

MEDOVIK (Russian Honey Cake)
Diterjemahkan dari sini

STEP 1 - Siapkan krimnya.
Bahan krim :
2 kaleng Susu kental manis atau SKM (yang dipakai cuma 1.5 kaleng)
300 gr unsalted butter (kalau ngikutin resep asli, kemanisan banget. Jadi saya modif : 360 gram untuk 1 kaleng SKM)
NOTE : Krim bisa disiapkan dari 1 minggu sebelumnya, dan disimpan di kulkas.
Method :
1. Letakkan 2 kaleng SKM di panci agak besar, tambahkan air sampai kalengnya terendam semua. Didihkan dan rebus selama 2 jam (terus jaga permukaan air, tambahkan air panas supaya kaleng tetap terendam air sepenuhnya).
2. Angkat, biarkan kaleng di dalam air selama 5 menit kemudian tiriskan airnya. Jangan buka kalengnya selagi panas, karena bisa meledak.
3. Biarkan SKM dingin sampai suhu ruang, buka kalengnya dengan pembuka kaleng.


4. Masukkan mentega ke wadah, kocok dengan mixer sampai pucat (kurleb 5 menit) *hati-hati overmix, nanti teksturnya jadi jelek. Cukup sampai pucat aja. Sambil dikocok, tambahkan 1.5 kaleng SKM secara bertahap sampai adonan menjadi krim yang lembut.
5. Masukkan ke dalam lemari es sambil menyiapkan adonan biskuit.

STEP 2 - Siapkan kuenya.
Bahan biskuit / kue:
3 butir telur
1 cup (225 gr) gula pasir
3 sdm madu
100 gr unsalted butter, potong-potong jadi bongkahan
1 sdt baking soda (soda kue) *Bukan baking powder ya
3-3.5 cups (420-490 gr) tepung serbaguna

1. Siapkan double boiler, atau kalo gak ada, pakai 1 panci kecil yang diisi air (sedikit aja) dan 1 wadah tahan panas untuk adonan (kemarin pakai bowl stainless). *Usahakan wadah untuk adonannya lebih besar/lebih lebar dibanding panci untuk airnya.
2. Campur telur + gula di wadah utk adonan, aduk rata. Tambahkan madu + butter.
3. Didihkan panci yang berisi air, letakkan wadah adonan di atasnya. Dengan suhu sedang (jangan terlalu mendidih), masak adonan sambil terus diaduk kurleb 5 menit dengan balloon whisk sampai adonan tercampur dengan baik dan teksturnya lembut/mulus.
4. Tambahkan baking soda, teruskan masak dan aduk terus selama setengah menit sampai adonan menjadi putih dan mengembang. Angkat dari api.
5. Secara bertahap, tambahkan 3 cup tepung ke adonan yang masih hangat, aduk di setiap penambahan sampai konsistensinya lengket dan kalis. Kalau masih terlalu lengket, tambahin lagi tepungnya yang 1/2 cup. Tapi kalau nggak, jangan tambahin lagi tepungnya karena setelah dingin bakal mengeras.


6. Bagi jadi 5 bagian dan bentuk bulat seperti bola. (Kemarin saya buat jadi 6 bagian)

STEP 3 - Panggang kuenya.
1. Panaskan oven 190 C. Oles loyang dengan butter/margarin.
2. Ambil adonan yang sudah bulat, letakkan di kertas roti yang sudah diolesi mentega. Tekan-tekan dengan jari sambil dipipihkan hingga adonan menjadi lembaran tipis diameter 28 cm.*Bisa juga pakai rolling pin yang sudah diolesi mentega supaya tidak lengket. Kalau adonan lengket di tangan, celupkan tangan ke tepung atau olesi tangan dengan sedikit mentega. 
3.Setelah dipipihkan, adonan akan terlihat agak transparan, it’s OK asal jangan sampai sobek. Kalau sobek, tambal. NOTE : bisa juga dibentuk kotak ato yang lain sesuai selera.


4. Setelah adonan dipipihkan, tangkupkan piring lebar (kemarin pakai loyang bulat) di atas adonan dan potong sisa adonan yang di luar piring pakai pisau. *Sisa pinggirannya jangan disingkirin, biarin aja dipanggang bareng, sesudah matang nanti bisa dihancurkan untuk jadi crumbs yang dipakai untuk ditaburi di sekeliling kue.
5. Letakkan adonan ke loyang tipis dan panggang masing-masing biskuit selama 4-5 menit sampai atasnya berwarna kuning keemasan. Adonan bakal mengembang sedikit. Jangan overbake! Nanti jadinya nggak enak.
6. Angkat dari oven. Dengan lembut, pakai spatula untuk mengangkat kuenya.

STEP  4 - Penyelesaian
1. Oleskan krim ke permukaan biskuit / kue, tumpuk dengan kue lagi. Ulangi sampai kue habis. Sesudahnya, lapisi permukaan kue dan pinggirannya dengan krim.
2. Hancurkan sisa pinggiran kue (kemarin saya pakai food processor, tapi jangan terlalu halus supaya ada tekstur crumble-nya), taburkan ke seluruh permukaan kue. Kalau taburannya nggak cukup, campurkan kacang kesukaan yang sudah dicincang atau bisa juga pakai biskuit crackers tawar. 


3. Sisihkan dan simpan kue selama 6 jam atau semalaman di suhu ruang. Setelah itu, kue akan menyerap krimnya dan menjadi lembut. Siap disajikan dengan secangkir teh hangat.

Selamat mencoba. Kue ini hampir bisa dipastikan anti gagal, asal perhatikan poin berikut :
*Sesudah menambahkan soda kue, pastikan adonan diaduk sampai berwarna putih, baru diangkat dari api. Kalau nggak sampai putih, biasanya adonan akan jadi lengket pada saat mau dipipihkan.
*Jangan tertukar antara baking powder dan baking soda. Yang dipakai di sini adalah baking soda atau soda kue.
*Pastikan panas oven sudah cukup pada saat adonan biskuit dimasukkan.

*Setelah adonan biskuit dimasukkan, pasang timer. Jangan overbake.
*Susu Kental Manis bisa diperpanjang waktu rebusnya sampai 3-4 jam kalau pingin rasa yang lebih toffee.

11 komentar:

  1. menarik banget ya mbak...ijin copas yaa kpan2 mau nyoba juga:-) tengkyu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Venny, terima kasih sudah mampir. Silakan di-copas, semoga berhasil ya :D

      Hapus
  2. kuenya enaak mbak...makasih sdh berbagi yaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank youu Mbak Venny, glad you like it :D

      Hapus
  3. hallo mba silvia.. saya andine.. mba nanya dong.. pas aduk adonan kuenya pada step mencampur telur & gula, madu & butter, itu pake balloon whisk aja kah atau pake mixer? mohon pencerahan ^^ saya penasaran banget sama medovik ini.. makasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haloo.. Miss Jolie, kalau saya dari awal sampai akhir pakai balloon whisk aja. Sepertinya nggak perlu di-mixer karena nanti hasil akhirnya seperti biskuit. Hehehe.. selamat mencoba ya :D
      Ini kue yang termasuk anti gagal kok, menurut saya asal diikuti step by step-nya pasti berhasil :D

      Hapus
    2. whoaaa..makasiiihh mba silvia.. hari ini saya mau coba bikin tar saya review hasilnya.. boleh minta ctc number? atau chat via apa? bisa minta tolong email mba? perlu konsul.. :D

      Hapus
    3. missjolieshoppe@gmail.com
      makasih mba silvia

      Hapus
    4. Sipp, semoga berhasil ya Mbak :D pasti sukses lah, yang penting ikutin aja step by stepnya. Chat-nya via google talk aja ya. Nanti aku online deh :D

      Hapus
  4. Mbak Boleh gak butternya ditukar dengan mentega?

    BalasHapus
  5. Haloo.. Mbak / Mas, maaf saya baru sempat balas komennya. Maksudnya menteganya diganti dengan margarin ya? Sepertinya bisa Mbak/Mas, tapi mungkin akan pengaruh ke tekstur. Karena kalau margarin biasanya bikin kue jadi agak kering. Dicoba aja, kalau menurut saya sih tetap akan jadi.

    Hanya kalau bisa, untuk krim olesannya tetap pakai mentega (butter) ya. Atau mungkin kalau mau, dicampur dengan margarin 50/50. Selamat mencoba :)

    BalasHapus