Cari Posting Lainnya

Rabu, 04 Mei 2011

Salad Mangga Apel

Pulang dari rumah mertua, dapet oleh-oleh 4 buah mangga. Hihihihihi.. *ketawa girang* soalnya entah kenapa sukaaa banget sama mangga hasil dari pohon Mader in law, wanginya lain dan bentuknya asik (bulet-bulet). Kata Mader in law sih mangganya jenis mangga apel, makanya penampakannya bulet-bulet kayak apel.

Kemarin seneng banget deh, soalnya lagi kepengen makan mangga mengkal. Eh pas di pohonnya lagi ada buahnya yang masih muda. Cihui deh! Kalo datengnya 3 hari lebih awal, pasti bisa dapet jatah lebih banyak tuhh.. soalnya sempet dipetikin dan hasilnya ada 30 buah lebih. Seru ya kalo punya pohon sendiri.. hehehe.

Eniwei, dua dari 4 mangga dibuat manisan mangga ala mertua. Enak banget deh, menurut saya lebih enak bikinan sendiri daripada beli yang di pinggir jalan sini. Soalnya kalo yang di pinggir jalan suka banyak airnya. Nah ada sisa 2 lagi mangganya, yang satu dibikin salad mangga dari resep NCC.


Udah lama juga penasaran sama resep ini, tapi bikinnya nggak berani banyak-banyak soalnya begitu dipotong, 1 biji mangga aja jadinya lumayan banyak. Bikinnya gampang banget, kalo saya seudah dipotong dan disiapkan semua bahannya, naronya di wadah Lock&Lock, jadi nanti wadahnya tinggal ditutup trus diguncang sebentar, jadi deh semua bahan tercampur rata. Hehehe.. gak usah repot-repot ngaduk sana sini.

Hasil jadinya lumayan banyak, tapi karena rasanya ringan dan nggak terlalu medok (nggak seperti manisan mangga yang makannya cuma sedikit-sedikit), jadinya abis juga tuh dicemilin berdua. Yang bikin rasanya rada unik itu irisan bawang merah mentah. Tadinya pas makan sempet ngerasa aneh juga.. hehehe tapi lama-lama enak juga ya. Ada sensasi lain dari bawang merahnya, rasanya sendiri cenderung manis-asam-asin (nano-nano dong), tapi nggak terlalu kuat di lidah. Okelah untuk pencuci mulut ato untuk cemilan.

Ini resepnya, ngutip dari sini

Salad Mangga
By : Fatmah Bahalwan
Bahan:
1 bh      mangga indramayu mengkal
1 sdt     garam
2 bh      bawang merah, iris tipis
1 sdm    gula pasir
2 sdm    air jeruk lemon
2 bh      cabe rawit merah, memarkan.














Cara membuatnya :
1. Kupas mangga, iris seperti batang korek api. Sisihkan.


2. Campur garam, gula, cabe rawit, dan bawang merah, tuangkan kedalam mangga iris, aduk rata. kucuri air jeruk lemon, aduk rata lagi.

3. Simpan dalam kulkas hingga saat disajikan (dimakan dingin-dingin lebih enak). 
4.Taburkan daun ketumbar cincang bila suka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar