Cari Posting Lainnya

Sabtu, 14 Mei 2011

Czech Strawberry Bar

Judul aslinya harusnya Strawberry Cookies, tapi kayaknya lebih asik kalau disebut Strawberry Bar. Kemarin resep ini dipraktekin untuk jajal seberapa rumit proses pembuatannya. Soalnya baru pertama kali dapet orderan yang request kue Eropa, jadi lumayan was-was.. hehehe.

Karena yang mau diajukan ada 2 jenis dan yang satunya sudah ditetapkan bakalan Medovik, jadi untuk ngimbangin Medovik yang manis dan creamy, dipilihlah satu lagi yang ada citarasa buahnya. Sebenarnya resep khas Ceko untuk dessert itu hampir semuanya paduan kue, kacang dan buah. Kalo diliat resep dan metodenya, keliatannya memang biasa dan simpel banget ya, tapi kemarin ini karena saya emang lagi bosen sama kue coklat dan keju, sepertinya praktek resep kue yang pakai campuran buah-buahan atau kacang jadi menarik banget. Kesannya jadi bisa “mencicipi” Eropa.. hehehe. Lagipula resep Strawberry Bar ini dapet rating dan respon yang bagus di website aslinya.

Kaget juga lho, nggak nyangka kalo hasil jadinya bisa istimewa dan terkesan mewah. Padahal resep dan cara buatnya simpeeeeeeeeel banget. Bahannya juga nggak aneh-aneh. Tadinya juga sempet ngeremehin, halah ini mah pasti jadinya biasa aja. Ternyataaa (bener-bener ternyata), begitu matang wangiiiiii banget. Bikin nggak sabar pengen nyicip, dan setelah dicicipin, teksturnya renyah.. mirip soyjoy cuma bedanya ini tengahnya ada selai buah dan potongan kacangnya.. Yummm.. kemarin aja sambil foto-foto sambil makan. Hohoho..

Setelah ditelusuri, adonan kuenya memang mirip adonan dasar cookies, makanya setelah dipanggang bisa ngembang dan renyah. Yang bikin enak itu ada selai buah dan potongan kacang.. nggak berasa lho kemarin tau-tau udah lenyap 2 potong besar begitu mateng. Hahaha.. rasanya nggak bikin eneg dan nggak berlebihan, passs banget buat temen minum teh. Kemarin aja sampe nyeduh teh untuk nemenin makan kue ini. Bagusnya lagi, setelah 3 hari disimpan, masih awet dan tetep renyah. Duh, seneng banget deh kalau dapet resep kayak gini.. mana bahannya gampang dan irit pulak. 

Kayaknya mulai jatuh cinta nih sama resep-resep Eropa Timur. Lain kali mau praktek lagi ahh, masih ada beberapa yang udah masuk to-do list.. hehehe

Czech Strawberry Bar
Diambil dari sini
Bahan : 227 gr butter, dibiarkan suhu ruang supaya lunak1 cup (225 gr) gula pasir 2 butir telur yang agak besar2 cups (280 gr) tepung terigu1 cup (100-120 gr) kacang walnut, dicincang kasar (kemarin pakenya kacang mete)NOTE : Boleh dibanyakin, atau dikurangi sesuai selera. 1/2 cup (kurleb 170 gr) selai strawberry. NOTE : Boleh dikurangi atau ditambah sesuai selera
Cara buatnya : 
1. Oles loyang dengan butter atau margarin (kemarin pake loyang ukuran 26x26 cm, kalau mau hasilnya lebih tebal, pake loyang lebih kecil).
2. Kocok butter dan gula pasir sampai creamy.
3. Tambahkan telur dan aduk rata.
4. Secara bertahap, tambahkan tepung terigu.
5. Dengan sendok yang sudah dioles mentega / margarin, ratakan setengah bagian adonan di loyang.
6. Di atas adonan, olesi selai dan ratakan.

7. Taburi dengan cincangan kacang.

 

 

8. Tuang separuh bagian adonan kue dan ratakan lagi (yang ini agak tricky, tapi usahain adonannya menutupi seluruh permukaan ya) 
9. Panggang dengan suhu 160 C selama 45 menit atau sampai permukaannya berwarna kecoklatan.
10. Setelah dingin, potong-potong dan sajikan.

2 komentar:

  1. mbak,loyang satu lg ukuran brp?mirip lyg brownis.klu uk itu dp brp loyang?makasiih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hai Mbak Venny, loyang satu lagi itu memang loyang brownis Mbak, ukuran 10x24 cm. Kalau 1 resep ini jadinya bisa untuk 2 loyang ukuran 10x24 cm, atau 1 loyang ukuran 24x24 cm.

      Hapus