Cari Posting Lainnya

Minggu, 15 Mei 2011

Experiencing Europe

Sejak belajar masak dan baking, adaaa aja pengalaman menarik yang kalau dipikir-pikir, lumayan ajaib juga.
Kemarin ada order dari adik, mau minta dibuatin desert khas Ceko, bisa nggak? Tadinya nyaris bilang nggak bisa.. tapi kok rasanya payah banget kalo belum dicoba udah bilang nggak bisa. Kuliner Ceko itu keliatannya rumit-rumit, boro-boro tahu rasa makanannya, pernah lihat juga nggak. Tapi coba deh, google dulu. Sekarang kan informasi gratis, nanti kalau memang rumit ato pakai bahan yang aneh-aneh, tinggal ditolak ordernya.

Browsing beberapa web soal makanan khas Ceko, tapi bingung juga ya.. soalnya keliatannya nggak ada yang khas banget. Pas nanya di milis, ada yang pernah ke jalan-jalan ke Praha. Dia bilang makanan Ceko sepertinya memang nggak ada yang khas. Nggak seperti Yogya yang ada gudegnya ato Bogor yang punya toge goreng.. hehehe.
Pas dilihat-lihat, dessertnya memang keliatan simpel, dan ada 1 yang menarik perhatian banget, namanya Medovik. Setelah ditelusuri lagi, Medovik ini ternyata happening banget di negara-negara pecahannya Soviet. Aslinya kue Rusia, tapi karena rasanya yang yummy, jadi hampir semua penduduk Eropa Timur suka banget sama kue ini. Penasaran, akhirnya dicoba deh.. dan ternyata memang enaaak banget! 

Kemarin tester yang dibawa aja akhirnya menghasilkan orderan.. hehehe rasanya unik sih, dan bentuknya juga cantik, kesannya jadi spesial. Nggak sia-sia deh berantakin dapur untuk praktekin resepnya kemarin.


Untuk nemenin si Medovik, akhirnya praktek 1 jenis lagi kue Ceko-nya. Seneng juga sih praktekin resep Eropa. Padahal bahannya mah sama aja, cuma karena judulnya kue Ceko, entah kenapa jadinya excited banget. Hahahaha.. Resep 1 lagi yang dipakai itu Czech Strawberry Cookies. Disebutnya cookies karena teksturnya crumbly, padahal bentuknya seperti brownies, nanti dipotong-potong pas penyajiannya. Pas baca resepnya juga kayaknya memang seru, dan respon dari orang-orang yang udah pernah praktek semuanya bilang enak. Dan memang enak!

Hohohoho.. resepnya diposting terpisah aja ya, takut kepenuhan. Keasikan cerita behind the scene-nya sih.

Setelah berhasil praktek resepnya, di-nekad-in deh kirim sms dan order untuk jamuan 20-25 orang untuk seminar di UI yang pembicaranya orang Ceko pun diterima. Hwaaahhh.. deg-degan abis! Moga-moga aja hidangannya bisa diterima ya >.<

Tidak ada komentar:

Posting Komentar