Cari Posting Lainnya

Minggu, 29 Mei 2011

Brownies Kukus Mekar

Milis NCC yang saya ikuti memang lumayan sering ngadain event. Yang kemarin baru aja lewat tanpa sempet saya partisipasi adalah bolu kukus week atau Bolkus Week. Event yang ini rameeee banget, tiap hari ada aja yang laporan soal bolu kukusnya, ada yang mekar cantik, ada juga yang bantet sukses. Hahaha.. tapi seru banget, selain bahannya murah, bikinnya juga nggak ribed.

Tadinya pengen ikutan, sekalian sumbang resep bolu kukus jadul versi nyokap. Tapi sayangnya, bolu kukus resep nyokap yang udah dipraktekin nggak mekar, boro-boro ngakak, senyum aja nggak. Hiks, rasa sih tetep enak tapi penampilan kurang asoy.


Pas mendekati hari-hari penutupan event sempet nyobain resep Brownies Kukus Mekar-nya Ny. Liem. Yang ini santer banget dijadiin percobaan anggota milis soalnya anti gagal dan rasanya enaak. Ny. Liem gitu loh. Tapi karena ngerasa gak ada unik-uniknya, nggak jadi dikumpulin deh Pe-Ernya ke panitia event. Jadinya dipajang disini aja deh fotonya.. hehehe.

Dari semua resep bolu kukus, yang ini termasuk rekomendasi untuk dicoba lho. Teksturnya lembut banget, seperti kapas. Seratnya halus, porinya nggak besar-besar. Kalo diperhatiin teknisnya juga, sepertinya sih tipenya yang pasti ngakak.


Sedih lho kalo bikin bolu kukus terus hasilnya mingkem alias permukaannya rata, gak pecah merekah. Kalo udah mingkem gitu biasanya bikin nggak semangat makannya. Hehehe.. makanya kalau saya mau bikin bolu kukus, suka diseleksi dulu resepnya. Kalo yang risky, disisihin dulu sampai dapet mood yang pas, baru dibikin. Bolu kukus tuh paling oke kalo dibikin pas lagi hepi.

Brownies Kukus Mekar
Resep Ny. Liem
Bahan A
400 gr gula tepung
200 gr telur (kurleb 4 butir)
320 ml air (sangat direkomen buat diganti dengan susu, supaya aromanya lebih wangi)
1/2 sdt vanilla cream (kemarin pake vanili bubuk)

Bahan B
400 gr terigu serbaguna
50 gr bubuk coklat
1/2 sdt garam
1 sdt baking powder

Bahan C
20 gr cake emulsifier

Bahan D
50 gr choco chip

Method :
1. Kocok bahan A kurang lebih 5 menit dengan kecepatan maksimum (Note : memang awalnya rada encer, tapi nanti dia akan jadi adonan yang kental).
2. Masukkan bahan B, kocok selama 1 menit.
3. Masukkan bahan C, kocok lagi kurang lebih 5 menit.
4. Tambahkan bahan D, aduk rata.
5. Siapkan 18 buah cetakan bolu kukus, alasi dengan paper cup, tuangi adonan sampai hampir penuh (kira-kira 7/8 tinggi paper cup)
6. Kukus selama kurang lebih 16 menit dengan api besar. (Note : Jangan lupa tutup dandangnya dibungkus serbet ya, biar airnya nggak netes)

4 komentar:

  1. Mbak,ijin copas ya, Soalnya foto brownies mekar nya menggoda bgt hehehe.. Tq udah share resepnya, salam kenal

    BalasHapus
  2. Halo Mbak Panca, salam kenal juga. Silakan Mbak dicoba. Makasih ya udah mampir ke Eggknock :D

    BalasHapus
  3. halo..

    aku sudah coba nih resepnya, tapi aku modif jadi bolu kukus ketan hitam. Surprisingly, hasilnya bulet doank :))) dan airnya aku ganti santan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo Shirley, kayaknya kalau pakai tepung ketan hitam teksturnya jadi berat. Makanya nggak bisa mekar.. Hehehe. Saya jarang lihat bolu ngakak yang pakai ketan hitam. Biasanya kalau yang ada tepung ketan hitamnya, semua tipe yang mingkem :D

      Hapus