Pudding Custard Kopi Moka

Akhirnyaa! Setelah sibuk dengan proyek Imlek, event akbar Home Made Food Fiesta-nya NCC, dan proyek Valentine (meski telat seminggu) di bulan Februari kemarin, saya akhirnya bisa nge-blog juga! Saking banyaknya resep yang mau saya bagi, sampai bingung mau nulis apa. Pertama-tama, pamer meja baru dulu ya. Hehehehehehe.

Meja baru, pamer dulu :D

Seneng nih, soalnya dulu meja di dapur itu sempiiit banget, begitu ada orderan kue, langsung habis lah space kerjanya. Sekarang punya meja yang besarnya 2x lipat, kerjanya jadi leluasa.

Mejanya dibuatkan sama suami tercintah, dari barang-barang bekas dan seadanya sih. Tapi sesuai banget lah dengan kebutuhan. Permukaan mejanya diberi keramik warna putih yang tidak mengkilap supaya bisa sekalian untuk background foto. Hihuyy! Jadi sekarang kalau mau foto hasil berantakin dapur, gak usah gelar kertas putih dulu :D

Back to the recipe, salah satu yang sempat saya eksekusi dan rasanya amazingly delicious adalah Pudding Custard Mocca. Seperti biasa, saat penjajalan dimulai sih saya nggak banyak berharap. Apalagi saya nggak punya ramekin, walhasil manggangnya sebagian pakai mug kecil, sebagian pakai cup kertas untuk cupcake (yang dalamnya ada lapisan licinnya).


Enak banget dimakan saat cuaca panas terik.

Begitu jadi, sambil menahan diri, saya dinginkan beberapa cup di freezer. Eh ternyata enak banget! Rasanya lembut dan wangi kopi banget (Iyalah, ini kan resep NCC!). Tanpa sadar habis deh 1 cup. Tapi memang harusnya didinginkan secara perlahan sih, soalnya pudding sisanya yang saya biarkan semalaman di kulkas malah lebih enak lagi rasanya.

Habis difoto, disendokin, masuk mulut deh.. hehehehe. Teksturnya lembut banget!

Cara buatnya juga sangat mudah, yang penting perhatikan aja waktu manggangnya ya, jangan terlalu lama atau terlalu sebentar. Kalau terlalu lama sih sepertinya bisa menciut nanti. Monggo resepnya diintip :D

Coffee Mocca Custard Pudding 
Penulis : Fatmah Bahalwan (resep aslinya ada di sini)


Waktu mengocok telurnya, jangan terlalu semangat supaya teksturnya bagus.
Bahan:
500 ml susu cair
150 gr gula pasir
1 sdm kopi instan
1 sdt pasta Mocca (saya pakai 1 sdm bubuk cokelat)
5 btr telur
1 sdt tepung custard

Method :
 
1. Panaskan susu, masukkan kopi instan, aduk rata. Dinginkan. 
2. Menggunakan balloon whisk, kocok telur dan gula hingga gula larut, tuangi susu sedikit demi sedikit sambil tetap diaduk hingga rata. 
3. Larutkan tepung custard dengan sedikit air, tuangkan dalam adonan telur, aduk rata. Tambahkan pasta mocca, aduk rata, saring. 
4. Tuang adonan kedalam beberapa cup alumunium foil (bisa juga pakai ramekin ukuran kecil atau cupcase seperti saya), lalu panggang dalam oven dengan cara Bain Marie (panggang sambil direndam air panas), suhu 180’C selama kurang lebih 1 jam. 
5. Angkat, dinginkan, sajikan. (Lebih enak kalau dimakan setelah didinginkan terlebih dahulu dalam kulkas.)

Komentar

  1. terlihat lembutt puddingnya! jadi pengen...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Thank you Mbak iPad :D
      Ayoo bikin, pasti krucils pada suka deh.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara