Spaghetti Bolognaise Om Bara

Bosan makan nasi, kebetulan suami rikues Spaghetti. Tapi dia nggak suka Spaghetti Carbonara, dan memang udah lama juga dia ngidam Spaghetti Bolognaise. Yah, boleh deh akhirnya dibuatin. Malesnya kalo bikin Spaghetti Bolognaise itu masaknya agak lama.. hehehe tapi karena kebetulan lagi mood dan udah lama juga nggak bikin, jadi hayuk deh.


Seperti biasa, resep yang jadi andalan itu resep Spaghetti Bolognaise yang didapat dari bukunya Om Bara Pattiradjawane. Dulu pas masih cupu, pernah beli bukunya soalnya dilihat-lihat resepnya gampang. Judulnya aja Masakan buat Anak Kos. Resepnya juga rata-rata cuma untuk konsumsi 2 orang. Passss banget buat daku yang masih berduaan.

Bukunya Om Bara yang jarang dipraktekin.
Ada 2 resep yang seriiing banget dipraktekin kalo di rumah, Pizza Roti dan Spaghetti Bolognaise. Sisanya belum pernah.. hehehe. Dulu juga niat banget pengen nyobain Chai-nya, tapi gak dikerja-kerjain. Padahal Kapulaganya udah disiapin. Payah deh.


Spaghetti Bolognaise versi Bara, menurut saya lumayan enak. Seringnya daging cincang diganti pake corned beef. Soale disini jarang nemu daging sapi. Walhasil rasanya jadi gurih (corned beef kan mengandung MSG kalo gak salah ya). Sepertinya sih enakan pakai daging sapi asli, dan kalau saya tomat / saos tomatnya dibanyakin soalnya doyan. Hehehe..

Sebenarnya bahannya gampang, buatnya juga nggak susah. Hanya harus agak di-planning soale proses masaknya agak lama. Saus bolognaisenya harus dimasak selama 2 jam supaya enak dan medok. Nah, salahnya saya.. (dan salah satu kekurangan si buku resep) adalah, selalu lupa dan spaghettinya selalu dimasak duluan. Halah.. ini fatal banget lho, nanti keburu saus Bolognaisenya jadi, si spaghetti udah keburu dingin dan jadi kayak karet... hiks. Sayang kan udah lama-lama masak tapi hasilnya nggak maksimal?

Kata Om Bara, aslinya Spaghetti Bolognaise nggak boleh pakai saos tomat. Hehehe yang ini mah jadi-jadian kali yaa.

SPAGHETTI BOLOGNAISE ala Om Bara Pattiradjawane
ATTENTION : Spaghettinya dimasak belakangan aja!



Bahan (untuk 2 porsi besar) :
Kurang lebih 1 genggam pasta spaghetti (saya pakai 250 gr)
1/2 buah bawang bombay yang kecil, kupas dan cacah halus.
1 siung bawang putih, kupas dan cacah halus.
1 buah wortel uk. kecil, kupas dan parut.
250 gr daging sapi giling (saya pakai 1 kaleng corned beef 198 gr)
2 buah tomat, cacah halus. (saya pakai 4 buah tomat uk. sedang dipotong dadu kecil)
1/2 kotak jamur champignon, iris tipis. (saya pakai 1/2 kaleng jamur kalengan)
2 sdm mentega untuk menumis
2 sdm minyak untuk menumis
200 ml air + 2 blok kaldu, dilarutkan. (saya pakai kaldu jamur, kurleb 1 sdm)
6 sdm saus tomat (saya dikurangi sedikit)
garam dan gula secukupnya

Method :
1. Panaskan minyak dan mentega dalam wajan, tumis bawang bombay dan bawang putih hingga layu, tapi jangan sampai berubah jadi kecoklatan.
2. Tambahkan parutan wortel dan jamur, masak terus selama 2-3 menit sampai layu.
3. Masukkan daging giling, masak terus sambil menghancurkan daging dengan sutil agar daging tidak menggumpal dan masak 3-4 menit lagi.
4. Tuang tomat cacah, saos tomat dan larutan kaldu. Bumbui dengan garam dan merica, aduk rata dan cicipi agar rasanya enak dan pas di lidah. Masak di atas api sangat kecil sambil diaduk-aduk sesekali (kalau nggak nanti bagian bawahnya gosong) selama 1 jam (lebih baik lagi kalau 2 jam) hingga semua bumbu meresap dan saus mengental.
5. Kalau sudah, matikan api dan siapkan spaghetti sesuai dengan petunjuk di kemasannya.

Hihihi, bisa dimarahin nih sama orang Italiano, masak spaghetti pake wajan :D

Komentar

  1. Halo Mbak Ika, senang sekali kalau postingannya berguna. Terima kasih ya sudah mampir ke Eggknock :D

    BalasHapus
  2. Ky nya resep ini agak mendekati sempurna hrs nya jng pk saos tomat tp tomat peeled,,,and tambah kayu manis gula n basil,oregano,,,pasti lebih mantab

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip, noted! Saya pernah mengganti saos tomat dengan tomat betulan, pernah juga ikut resepnya plek-plek pakai saos tomat. Hehehe.. nanti lain waktu, saya akan coba tambahkan kayu manis. Terima kasih ya sudah berkunjung ke Eggknock :D

      Hapus
  3. Ketemu juga resep spaghetti bolognaise ... Anakku langsung praktekin, hasilnya yummny ... Bener tambahkan oregano + parutan keju jadi berasa italinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih ya udah main ke Eggknock. Memang resepnya Om Bara ini enak-enak :D

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak