Old School Cheese Cake

Selama ini untuk cheese cake, saya selalu setia sama versi unbaked. Masalahnya selain karena itu favorit suami, saya sudah beberapa kali mencoba resep Japanese Cheese Cake dan belum ada yang berhasil dengan sempurna. Mungkin saya belum cukup memahami karakteristik oven saya, mungkin juga saya belum berjodoh dengan spesies cheese cake yang ringan seperti kapas itu *ceile*.

Nyamm! Ada kismis dan wangi kayumanis, enaak!

Seharusnya cream cheese yang sisa kemarin ini, diminta untuk dibuatkan unbaked cheese cake oleh pak suami. Tapi karena saya iseng dan pingin cepat menghabiskan cream cheese-nya, saya akhirnya mencoba resep ini.


Resep ini sudah lama sekali jadi penghuni buku resep saya, saya dapat dari blog-nya Mbak Camelia yang dulu sering banget saya intip. Hehehe.. Coba deh main ke sana, resepnya enak-enak dan ceritanya seru.


Seperti biasa, resepnya tidak mengecewakan. Meski awalnya saya sempat ragu melihat metodenya. Tapi hasilnya enak, betul-betul seperti cheese cake ala Amerika yang rasa kejunya dominan. Rasanya seperti dapat tendangan bebas di setiap kunyahan karena kue ini kaya rasa; ada asin gurih dan sedikit asam dari keju, lalu manis dan wangi kismis, dan ada harum rempah kayumanis. Semuanya terkomposisi dengan baik dan membuat saya ingin memakannya lagi dan lagi.


Oh iya, karena cheese cake ini tidak ada crust-nya, mungkin akan terasa sedikit berat. Tapi dimakan dengan secangkir kopi, pasti cocok untuk ngemil di waktu santai. Silakan dicoba.

Old School Cheese Cake
(aslinya Old Fashioned Baked Cheesecake by Annie Bell)
resepnya saya intip dari sini, terima kasih Mbak Camelia :)


Bahan untuk alas :
25 gr mentega, suhu ruang
25 gr tepung roti *memang jumlahnya hanya sedikit, tapi sangat cukup kok.
1 sdt gula kastor/gula pasir halus

Bahan isi :
700 gr cream cheese full fat
225 gr gula kastor/gula pasir halus *Untuk yang nggak suka manis, bisa dikurangi 25-30 gr
2 butir telur ukuran sedang
350 ml whip cream
40 gr tepung terigu, ayak.
1.5 sdt vanilla extract *saya pakai pasta vanili
75 gr kismis
biji pala, parut. *saya ganti dengan kayu manis bubuk sesuai selera.

Metodenya :
1. Panaskan oven hingga 200 C. *Saya di suhu 175 C
2. Olesi loyang bongpas dengan semua mentega yang ada di resep (25 gr).
3. Campur tepung roti dengan gula, tuang ke loyang yang sudah diolesi mentega, tekan dan ratakan  dari dasar sampai ke sisi loyang.
4. Untuk isi, campur cream cheese dan gula menggunakan food processor.*Saya pakai mixer
5. Tambahkan telur dan whip cream, aduk rata. Masukkan tepung dan vanila extract, aduk sampai rata.
6. Masukkan kismis, aduk rata. Tuang ke loyang, lalu bubuhi permukaannya dengan bubuk kayu manis/pala.
7. Panggang selama 45 menit sampai bagian pinggirnya mengembang dan hampir set (bagian tengahnya masih goyang jika loyang digerakkan). *Perhatikan oven masing-masing, jangan sampai kepanasan.
8. Matikan oven, buka tutup oven sedikit dan biarkan cheese cake di dalam oven selama 1 jam.
9. Keluarkan cheesecake dari oven dan biarkan sampai dingin, lalu tutup asal dengan aluminium foil dan masukkan ke dalam lemari es. Pada saat akan disantap, keluarkan dari lemari es 30 menit sebelum disajikan.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Brownies Kukus Coklat Pisang

Furikake Daun Lobak

Spaghetti Bolognaise Om Bara