Cari Posting Lainnya

Selasa, 29 Maret 2011

American Risoles, akhirnya!

Terpapar berpuluh-puluh kali ama resep risoles, yang paling sering papasan si American Risoles. Tadinya bingung, kenapa dibilang American Risoles? Ternyata, isinya "fancy" banget, pake smoked beef, potongan telor rebus, dan mayo.


Perasaan dapet resepnya udah dari berabad-abad yang lalu, begitu mood untuk prakteknya dateng, berenti sampe baca resepnya doang.. hehehe. Abis dibaca dengan seksama, pastiii aja ngerasa kalo si Amris ini nyusahin banget buat dipraktekin. Akhirnya batal mulu.

Sampai pada akhirnya, jengah ama yang manis-manis dan butuh banget yang asin. Beli risoles di deket rumah, nggak ada yang memuaskan. Yang memuaskan, harganya mahal *hiks*. Yaudah deh, buka resep dari Kartini jadul, semedi dulu baca resepnya, komat-kamit baca doa (biar gak gagal nanti pas praktek.. hehehehe. Smoked beef kan lumayan mahal harganya).

Untungnya, pas ada sisa smoked beef hasil praktek Spaghetti Carbonara. Jadi diberdayakan deh buat project Risoles ini. Ihiy.. ternyataaaaa nggak susah. Nggak tepat kalo dibilang gampang, tapi bener deh nggak susah. Yang tricky itu pas ngegulung kulit dadarnya. Dari 10 lembar, yang jadinya rapih dan caem cuma 3-4 biji. Hahahaha, yahhh ada yang sobek lah gara-gara ketipisan, ada yang ketebelan ampe gak bisa digulung. Rasanya mah mantabb. Nggak kalah deh ama yang dijual, malahan lebih enak.. kulitnya lebih lembut dan wangiiii banget! Terus juga karena doyan mayo, dikasih mayonya rada banyak.. hmmmmmm.. gak nyesel deh berpeluh-peluh praktek resep ini :D

Salut deh ama yang jualan, ngegulungin satu-satu. Belum abis itu kudu dipanir. Tapi kalo direview lagi, kemaren pan yang buat bikin kulit risolesnya kekecilan. Wong harusnya pake teflon diameter berapa, daku malah pake panci teflon ukuran mini. Khekhekhek, abisnya cuma punya yang itu sih.. lain kali dicoba pake panci yang gedean deh..

Resepnya dapet dari Kartini jadul, tipsnya cuma satu, ikutin resepnya plek-plek. Pasti jadi!


RISOLES AMERIKA
(untuk 10 buah)
source : Majalah Kartini



Bahan kulit risoles :
100 gr tepung terigu (kemaren pake segitiga biru alias terigu protein sedang)
1/4 sdt garam
2 butir telur
300 ml susu cair
75 gr mentega, lelehkan (versi irit, substitusi dengan margarin)

Bahan Isi :
5 lembar daging asap, potong jadi 2 (versi irit, smoked beefnya 4 lembar, dibelah 2 dan diiris-iris)
50 gr keju cheddar, parut kasar
2 butir telur rebus, cincang kasar (kemaren pake sisa putih telur rebus, dicincang kasar)
2 sdm mayones

Pelapis :
1 butir telur, kocok lepas (kalo saya, lagi-lagi pakai sisa putih telur)
200 gr tepung panir

Cara membuat :
1. Dadar a.k.a kulit : Taruh terigu dan garam dalam wadah, buat lubang di tengahnya. Masukkan telur dan susu bergantian sedikit demi sedikit sambil aduk hingga adonan menjadi licin dan halus. Tambahkan susu hingga habis, masukkan mentega leleh. Tutup adonan, diamkan 30 menit.

2. Panaskan wajan dadar, olesi sedikit mentega /  margarin. Tuangkan 30 ml adonan ke dalam wajan. Ratakan (harus gerak cepet nih, soalnya adonannya cepet mateng). Masak hingga dadar agak kecoklatan. Angkat. Lakukan hingga adonan habis.

3. Ambil selembar dadar, isi dengan daging asap, keju, telur rebus dan mayones. Lipat seperti bentuk amplop.

4. Celupkan risol ke dalam telur kocok (kalo saya pake putih telur), gulingkan dalam tepung panir. Simpan dalam lemari es kira-kira 1 jam agar tepung pelapis benar-benar melekat pada kulit risoles (bisa juga disimpen di freezer, tapi jangan terlalu lama ya).

5. Goreng risoles dalam minyak banyak dengan api sedang hingga kuning kecoklatan. Angkat dan tiriskan. Sajikan selagi hangat.

2 komentar:

  1. Praktekinnn.. hehehe kalo keburu g bikinin mah entah kapan. Enak lo, kalo beli kan berasa banget. Kalo bikin, bisa puas-puasin makannya :D

    BalasHapus